Minggu, 16 November 2014

TUGAS SOFTSKILL 1

TUGAS 1


( Website Kota Bekasi)

A.    ISI, VISI, dan MISI SITUS

1.      ISI
Situs diatas merupakan sebuah situs resmi milik pemerintahan kota bekasi terutama pada bidang dinas kebersihan. Didalamnya mencakup segalah hal aspek kebersihan dan tatanan kota bekasi.
2.      VISI

“Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan”

Visi ini dijelaskan sebagai berikut :

“Bekasi Maju” menggambarkan pembangunan Kota Bekasi dan kehidupan warga yang dinamis, inovatif dan kreatif yang didukung ketersediaan prasarana dan sarana sebagai bentuk perwujudan kota yang maju.

“Bekasi Sejahtera” menggambarkan derajat kehidupan warga Kota Bekasi yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, terbukanya kesempatan kerja dan berusaha, serta lingkungan fisik, social dan religious sebagai bentuk perwujudan masyarakat yang sejahtera.

“Bekasi Ihsan” menggambarkan situasi terpelihara dan menguatnya nilai, sikap dan perilaku untuk berbuat baik dalam lingkup individu, keluarga dan masyarakat Kota Bekasi. Kedisiplinan, ketertiban social, keteladanan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan tumbuh seiring dengan meningkatnya tata kelola pemerintahan yang baik untuk mewujudkan kehidupan yang beradab


3.      MISI

1. Menyelenggarakan tata kelelola kepemerintahan yang baik

Misi ini bermakna bahwa tata kelola kepemerintahan dalam mewujudkan Visi Kota Bekasi dilakukan melalui fungsi pengaturan, pelayanan, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan, menempatkan aparat ur sebagai pamong praja yang menjunjung tinggi integritas terhadap amanah, tugas, dan tanggungjawab, berdasarkan 10 (sepuluh) prinsip Good Governance, yakni: ( 1) Partisipasi masyarakat; (2) Tegaknya supremasi hukum; (3) Transparansi; (4) Kesetaraan; (5) Daya tanqqap kepada stakeholders; (6) Berorientasi pada visi; (7) Akuntabilitas: (8) Pengawasan; (9) Efektivitas dan efisiensi: (10) Profesionalisme.

Pendekatan yang dilakukan untuk aktualisasi misi ini melalui penataan sistem, peningkatan kinerja dan penguatan integritas aparatur.

2. . Membangun Prasarana dan sarana yang serasi  dengan dinamika dan pertumbuhan kota

Misi ini bermakna bahwa pembangunan prasarana diarahkan untuk terpenuhinya kelengkapan dasar fisik lingkungan kota bagi kehidupan yang layak, sehat, aman, dan nyaman; terpenuhinya sarana perkotaan untuk mendukung penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi; dan terpenuhinya kelengkapan penunjang (utilitas) untuk pelayanan warga kota. Misi ini juga mengarahkan pembangunan prasarana dan sarana yang meningkat dan serasi, untuk memenuhi kehidupan warga kota yang dinamis, inovatif, dan kreatif, denqan memperhatikan prinsip pengelolaan, pengendalian, dan pelestarian lingkungan hidup, dalam mewujudkan kota yang maju, tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

3. Meningkatkan kehidupan sosial masyarakat melalui layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya.

Misi ini bermakna bahwa layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya diarahkan untuk meningkatkan derajat kehidupan sosial masyarakat, seiring dengan terbangunnya kehidupan keluarga sejahtera, terkelolanya persoalan dan dampak sosial perkotaan, meningkatnya partisipasi perempuan dan peran serta pemuda dalam pembangunan, aktivitas olahraga pendidikan, rekreasi. dan prestasi. serta aktualisasi budaya daerah sebagai fungsi sosial, normatif, dan apresiatif.

4. Meningkatkan perekonomian melalui pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, peningkatan investasi, dan penciptaan iklim usaha yang kondusif.

Misi ini bermakna bahwa upaya untuk meningkatkan perkonomian ditempuh melalui peningkatan kapasitas dan perluasan sektor usaha bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKMJ, pengembangan industri kreatif, peningkatan daya tarik investasi, dan penciptaan iklim usaha yang kondusif, yang bermuara pada pembentukan lapangan kerja baru dan kesempatan berusaha, terbentuknya daya saing perekonomian kota, dan laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

5. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tertib, tenteram dan damai.

Misi ini bermakna bahwa dinamika pembangunan dan kehidupan warga Kota Bekasi harus diimbangi dengan upaya pengendalian terhadap potensi kerawanan sosial, gangguan ketertiban, penegakan perda, penanggulangan bencana, kesatuan dan ketahanan bangsa, kerukunan hidup dan umat beragama, serta meningkatnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

B.     KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SITUS
1.      KELEBIHAN
a.       Ketersediaan informasi yang cukup lengkap
b.      Penggunaan media yang tepat untuk mensosialisasikan program pemerintah dengan menggunakan internet
c.       Mudah mendapatkan informasi yang dicari

2.      KEKURANGAN
a.       Konten yang terdapat didalam situs telalu sederhana
b.      Situs kurang interaktif
c.       Mudah diretas
d.      Kurangnya pembaharuan
e.       Kurangnya aplikasi pendukung web.

TUGAS 2
1.      Penjelasan tentang alexa
Alexa.com adalah anak perusahaan dari Amazon.com. Dan situs ini memberikan informasi tentang traffic untuk situs web Anda. Alexa Rank dihitung sesuai dengan jumlah visitor web Anda yang menginstall Alexa Toolbar.

Pada artikel ini, akan dibahas pentingnya Alexa Rank terkait monetisasi dari website, selain itu akan dibahas beberapa kelemahan yang berhubungan dengan peringkat Alexa sebagai ukuran traffic.

2.      Pengukuran
Dibawah ini merupakan hasil pengukuran website pemerintahan kota bekasi



Lengkap : http://www.alexa.com/siteinfo/http%3A%2F%2Fwww.bekasikota.go.id
3.      Penjelasan hasil pengukuran
a.       Rank website ini di dunia adalah 286,367
b.      Rank website ini di Indonesia adalah 3,947
c.       Website ini dibuka rata-rata /hari sebayak 38.70%
d.      Halaman web ini dibuka perhari 3.20
e.       Lama kemunculan web ini perhari 3:14

4.      KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOOLS ALEXA

KELEBIHAN
1. Komersial (Monetize)
Inilah tujuan utama bagi kebanyakan bloggers atau webmasters. Bila berkaitan dengan meraih "penghasilan" melalui iklan dan program marketing, memang Alexa Rank ini sangat penting. Semakin bagus ranking Alexa suatu situs, maka akan semakin besar peluang untuk memperoleh penghasilan yang besar pula. Kebanyakan para pengiklan dan program afiliasi (marketing) bergengsi akan lebih tertarik pada situs yang sudah populer.

2. Pribadi
Bila hasil karya dan hasil kerja kita di hargai dan di sukai oleh orang lain, pasti akan sangat membanggakan. Dengan peringkat Alexa yang bagus, itu artinya banyak orang yang gemar akan konten dan informasi yang kita bagikan. Sudah pasti akan menambah semangat tersendiri dalam diri kita kan. Worthed ..

3. Persaingan
Seperti yang kita baca di atas bahwa alexa rank akan menempatkan situs kita dalam jajaran peringkat dunia bersama trilyunan website besar lainnya, ini membuat situs pribadi / bisnis kita terlihat bergengsi.
Kekurangan Alexa Rank

KEKURANGAN
kenyataan data Alexa hanya sebuah hitungan kasar dan tidak relevan.
Alexa hanya akan menghitung data secara akurat apabila pengunjung (visitors) telah menginstall alexa toolbar. Banyak website yang sebenarnya mempunyai jumlah pengunjung dan pembaca yang lumayan banyak tetapi Rangking alexa-nya tidak begitu bagus. Ini di karenakan banyak sekali pengguna internet yang tidak menginstall alexa toolbar di browser mereka, jadi kemungkinan terindeksnya kunjungan mereka ke web kita akan kecil / lama.
Apabila sebuah situs web mendapatkan satu pengunjung yang datang mengunjungi halaman (homepage) dan membaca banyak artikel (page views) dalam sehari, maka hitungan data yang disimpan tetap satu kali.

Site linking / backlinks, semakin banyak situs lain yang mengarah ke website kita maka akan semakin bagus ranking alexa kita. Untuk mendapatkan hal itu memang sangat butuh kerja keras, (ya memang harus sih), tetapi yang ironi adalah apabila sebuah website mempunyai tingkat traffic tinggi namun jumlah links yang terhubung ke situs web-nya lebih sedikit dari website lain yang sejenis, maka bisa saja ranking alexa situs yang banyak backlink itu akan lebih bagus, walaupun trafficnya tidak terlalu banyak.

Hanya domain utama yang punya peluang terindeks secara akurat / cepat. Alexa akan melakukan tracking pada website utama sebagai prioritas. Sementara untuk sub-domain atau sub-page, seperti blogspot dll, membutuhkan usaha super keras agar mudah dan cepat menghasilkan ranking terbaik, hufhhhh.

Ada beberapa tawaran pro account di samping free account pada web alexa, dimana pengguna bisa upgrade account dan membayar dengan credit card atau paypal. Setelah itu kita bisa memperoleh sertifikat dan segala blablabla-nya. Anda bisa lihat dan check di http://www.alexa.com/plans. Bagaimana untuk blogger / webmaster yang hanya tertarik pada free account? Atau hanya mampu punya free account? Apa akan selalu rendah ranking alexanya bila tidak usaha super keras (lagi-lagi)?
Yang paling penting adalah rumor yang mengatakan "alexa rank is a gamed" atau "permainan bisnis". 

2. Kesenjangan sosial.
Untuk kepentingan komersial dan memaksimalkan pendapatan online mungkin masuk akal bila alexa rank ini menjadi acuan utama selain dari Google page rank, Technorati Rank atau Yahoo! Search InLinks, dll. Tetapi bagaimana untuk hal-hal di luar itu?

SUMBER


0 komentar:

Posting Komentar